The Best Will Be...

Keberhasilan adalah tantangan yang baru saja dimulai...

Cool na? :) Now Learn How to create one by Clicking here


Search

Terlalu banyak orang yang telah mengenal produk Microsoft Corporation, seperti Windows 7 dan penerusnya, Windows 8, yang kabarnya akan di rilis Oktober 2012 nanti. Akan tetapi, berapa banyak yang kenal dekat dengan OS yang satu ini, Ubuntu? Tidak terlalu banyak. Tetapi ada beberapa komunitas ubuntu di Indonesia, termasuk forum Ubuntu di Indonesia, Ubuntu Indonesia yang bisa Anda manfaatkan sebagai alat konsultasi bagi pengguna Linux yang berbasis Debian yang satu ini.

Yang sangat membedakan OS Ubuntu dan Windows adalah pada cara mendapatkan lisensinya. Untuk mendapatkan Windows, kita harus membeli lisensi/CD Installer-nya terlebih dahulu sedangkan Ubuntu adalah freeware, software bebas biaya - terdiri dari Ubuntu Server dan Ubuntu Desktop. Dulunya, kita bisa request the CD (Saya pernah) melalui websitenya secara gratis dan CD installer-nya akan sampai dirumah Anda. Akan tetapi, setelah Ubuntu sudah banyak menyebar ke seluruh dunia, website-nya tidak menyediakan layanan itu lagi (tetapi kita masih bisa mengunduhnya dengan gratis). Selain itu, Ubuntu juga menggunakan Open Source Software dan Ubuntu jga bisa di upgrade sesuai kehendak penggunanya. Jadi, Ubuntu tidak membutuhkan Serial Number atau hal yang sejenisnya untuk menikmati OS ini.

Ubuntu pertama kali di rilis pada tanggal 20 Oktober 2004 yang bernama Ubuntu 4.10 (Warty Warhog). Mungkin ada yang bertanya, angka dan nama setelah kata Ubuntu itu menunjukkan/berarti apa? Semua versi Ubuntu berformat Y.MM (Code Name), Y=Year dan M=Month. Artinya, versi 4.10 dirilis pada tahun 2004 bulan 10 (Oktober) dan kata-kata didalam tanda kurung tersebut adalah kode namanya. Ubuntu sendiri memiliki filosofi, filosofinya adalah sebagai berikut (wikipedia) :

- Perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
- Aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan  untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik
- Pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa halangan apapun

Inilah syarat minimal untuk menginstal Ubuntu Server, yaitu:

- Processor = 300 Mhz
- Memory (RAM) = 128 MiB
- Hard Drive = 1 GB
- Resolusi Layar = 640x480

Sedangkan Syarat minimal untuk menginstal Ubuntu untuk Desktop adalah :


- Processor = 700 MHz
- Memory (RAM) = 384 MiB
- Hard Drive = 5 GB
- Resolusi Layar = 1024x768



Perangkat dokumen yang ada Ubuntu juga mengalami perubahan seiring berkembangnya sistem, dari Open Office (sebelum versi 11.04) dan Libre Office (setelah versi 11.04).

Untuk mengetahui versi-versi lain dari Ubuntu bisa langsung klik posting saya selanjutnya, Daftar Versi Ubuntu Hingga Oktober 2012.

Feel free to leave your comment.

0 komentar:

Post a Comment

Join Us!

Taf. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Open Cbox

Popular Posts

Blog Archive