The Best Will Be...

Keberhasilan adalah tantangan yang baru saja dimulai...

Cool na? :) Now Learn How to create one by Clicking here


Search

          Tadi Ane jalan-jalan ke rumah sebelah gan, disuruh mampir sama om gugel. Disana Ane dapet ilmu dikit gan. Ane bakal bagi-bagi dikit ama agan lah, ilmunya tentang kesehatan gan. Ane bakal bagi-bagi cerita tentang warna feses  nih gan. Tenang, with no picture kok gan haha.

          Ane iseng cari dan dapet beberapa jenis warna feses dan artinya gan. Berikut beberapa warna feses dan artinya gan:

1.  Warna Merah
          Jika feses mengandung darah maka ia akan berwarna merah. Biasanya karena ada pendarahan pada rektum gan motifnya cuma garis-garis gitu, nggak menyeluruh merah. Tapi kalo merahnya menyeluruh kemungkinan gara-gara makanan yang agan konsumsi gan.

2. Warna Pucat
          Nah ini gan, kalo agan lagi sakit pasti pucat ya gak? Dari yang ane baca gan, feses agan berwarna pucat kalo kantong empedu agan bermasalah atau ada infeksi pada hati agan, bukan patah hati ya gan, maka feses yang keluar akan berwarna pucat atau putih. Hati-hati loh gan.

3. Warna Hijau
          Kalo yang ini jangan khawatir gan, ini karena agan banyak makan sayuran-sayuran ijo gan kayak bayem, sayuran yang ijo gelep gitu gan. TAPI, kalo agan sebelumnya nggak makan sayuran-sayuran ijo gelep itu yang bahaya gan karena feses agan diwarnai oleh pewarna biru atau ijo dari makanan atau minuman yang agan konsumsi. Jadi hati-hati lagi gan kalo milih makanan dan minuman.
          Yang ane tau gan itu karena makanan yg agan makan terlalu cepat melewati usus besar gan. Jadi, nggak ngalamin yang namanya proses pencernaan sempurna, gitu gan.

4. Warna Hitam
          Kalo feses agan berwarna hitam atau gelap, itu biasanya karena pengaruh obat ataupun makanan yang agan konsumsi gan. Mengonsumsi licorice (sejenis tumbuhan yang dikenal dengan akar manis), mengonsumsi suplemen penambah zat besi atau obat yang mengandung bismuth bisa membuat feses agan berwarna hitam.

5. Warna Kuning Kecoklatan
          Feses agan berwarna ini? Hati-hati gan, berwarna kuning adalah normal. Ya kali gan gak sehat mau warna apa lagi? Si doi berwana ini karena ada zat bilirubin yang berwarna kuning-kuning gitu gan. Nah, pas bilirubin ketemu sama zat besi dari usus  maka si doi berubah warna jadi kuning-coklat gitu gan.

          Nah gan, kalo perubahan warna pada feses agan ini terjadi dalam waktu yang lama dan masih saja muncul meskipun nggak mengonsumsi makanan tersebut lagi, cepet-cepet ke dokter gan kali aja ada infeksi di pencernaan agan.

Let's keep our body healthy gan karena kata tetangga sebelah kesehatan itu mahal gan.


Sumber: health.detik.com dan google.com

0 komentar:

Post a Comment

Join Us!

Taf. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Open Cbox

Popular Posts

Blog Archive